Laporan Akhir 2 Modul 1
(Percobaan 2)
1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.
2. Buat program menggunakan Arduino IDE.
3. Compile program yang telah dibuat lalu Upload ke dalam Arduino Uno.
4. Uji coba program pada rangkaian percobaan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.
5. Selesai.
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
[Kembali]
Rangkaian Simulasi :
Prinsip Kerja :
Pada rangkaian, keypad 4x4 sebagai input untuk memasukkan angka. Keypad tersebut tersusun dalam matriks 4 baris dan 4 kolom. keypad tersebut dihubungkan ke arduino dengan konfigurasi baris keypad dihubungkan ke pin A4, A3, A2, A1 dan kolom keypad dihubungkan ke pin 10, 11, 12, 13. Kemudian output dari arduino berupa 7-segment common anoda 2 digit dihubungkan ke pin 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2 pada arduino
ketika button atau keypad ditekan, maka mikrokontroler akan memindai baris dan kolom mana yang menyala sehingga akan mendapatkan informasi yang akan ditampilkan di seven segmen sesuai dengan library keypad dan perintah pada program. misal button yang ditekan yaitu button angka 1 pada keypad, maka akan muncul angka 1 pada layar 7-segment
4. Flowchart dan Listing Program
[Kembali]
Flowchart :
Listing Program :
// Memasukkan library Keypad untuk memudahkan interaksi dengan keypad
#include <Keypad.h>
// Mendefinisikan jumlah baris dan kolom pada keypad
const byte ROWS = 4; // Empat baris
const byte COLS = 4; // Empat kolom
// Mendefinisikan tata letak tombol pada keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'},
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
// Menetapkan pin yang terhubung ke baris dan kolom pada keypad
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Pin baris terhubung ke A4, A3, A2, A1
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Pin kolom terhubung ke 10, 11, 12, 13
// Membuat objek keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
// Mendefinisikan pin yang terhubung ke segmen-segmen pada seven-segment display
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2};
// Fungsi setup, dijalankan sekali saat sketch dimulai
void setup() {
// Mengatur pin segmen sebagai output
for (int i = 0; i < 8; i++) {
pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
}
}
// Fungsi loop, dijalankan berulang setelah setup
void loop() {
// Mendapatkan tombol yang ditekan
char key = keypad.getKey();
// Jika ada tombol yang ditekan
if (key) {
// Menampilkan karakter pada seven-segment display
displayCharacter(key);
// Menunggu selama 1 detik
delay(1000);
// Membersihkan display
clearDisplay();
}
}
// Fungsi untuk menampilkan karakter pada seven-segment display
void displayCharacter(char ch) {
// Pola segmen untuk menampilkan karakter
byte patterns[][9] = {
// Definisi pola segmen untuk setiap karakter yang bisa ditampilkan
};
// Cek apakah karakter merupakan angka atau huruf yang valid
if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
// Menghitung index berdasarkan karakter
int index = (ch <= '9') ? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
// Menyalakan segmen yang sesuai untuk menampilkan karakter
for (int i = 0; i < 7; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
}
}
}
// Fungsi untuk membersihkan display
void clearDisplay() {
// Mematikan semua segmen
for (int i = 0; i < 8; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
}
}
Percobaan 2 Modul 1
6. Video Demo [Kembali]
7. Download File
[Kembali]
HTML klik disini
Video Percobaan klik disini
Listing Program klik disini
Datasheet Arduino klik disini
Datasheet Keypad klik disini
Datasheet 7-Segment klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar